Senin, 12 Maret 2012

Laporan perjalanan ke kebun teh Sidamanik dan Danau Toba

Kata Pengantar

Assalamualaikum Wr. Wb
Puji dan syukur saya ucapkan kehadirat Allah SWT Tuhan semesta alam. Karena dengan rahmat dan karunia – Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas dari dosen teori sastra dan sudah sampai ditempat yang saya tuju. Dalam perjalanan ini, saya bisa tahu tentang keindahan dan keistimewaan Pantai adil, Kebun The Sidamanik dan Danau Toba. Dan saya juga bisa mengenal lebih dalam lagi tentang semua itu .
Saya menyadari sepenuhnya bahwa dalam perjalanan yang baik ini, tidak akan merugikan kita semua yang sudah berwisata. Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih kepada teman – teman dan semua yang sudah ikut berwisata bersama semoga pengetahuan ini bermanfaat bagi kita semua.
Wassalamualaikum Wr.Wb

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Negara Indonesia merupakan Negara yang kaya objek wisata. Hampir disetiap daerah ditemukan daerah – daerah tempat wisata dengan beragam tempat sesuai dengan tujuannya, ada yang mengunjungi objek wisata yang natural seperti mendaki gunung atau danau yang indah, seperti di Sumatera sendiri contoh nya dengan objek wisata Danau Toba yang terkenal di Sumatera.
Sebagai mahasiswa maka objek wisata yang dikunjungi adalah bersifat mendidik seperti mengunjungi tempat – tempat bersejarah,bepetualang dan berpengetahuan contohnya : Museum, Candi , Pabrik-pabrik dan sebagainya.

1.2 Tujuan
a. Tujuan Umum
Tujuan dari penulisan laporan ini adalah untuk mengetahui situasi di pantai adil, proses pembuatan teh dan ragam budaya yang ada di sekeliling kita dan melihat salah satu keajaiban Allah yang ada di wilayah Dunia khusus nya Republik Indonesia.
b. Tujuan Khusus
Tujuannya untuk melihat secara langsung kebun teh , daun teh , proses pembuatan teh ,dan keindahan Danau Toba yang menjadi kekayaan dan mengetahui tentang hal itu sehingga menimbulkan rasa memiliki untuk menjaga dari kerusakan , kekejaman tangan manusia dan melestarikan nya.
BAB II
ISI LAPORAN

2.1 Persiapan
Persiapan umum yang kami laksanakan untuk mengadakan study wisata alam ke Kebun teh dan Danau Toba ini adalah : Menyiapkan perbekalan masing – masing seperti : Baju, Pelengkapan sholat, Makanan, Obat – obatan dan sebagainya guna mendukung pelaksanaan tugas saat study wisata.

2.2 Jadwal Pemberangkatan

NO                   WAKTU                                                       KEGIATAN
1                  07.30-08.30          Berkumpul di Sekolah MAN 2 Model medan dan  mengabsen Peserta
2                  08.35 – 12.15           Berangkat Ke Kebun teh menggunakan Bus Pariwisata Citra
3                 12.15– 14.10               Tiba di Kebun teh dan mengamati pabrik teh
4                  14.15 – 14.45                                   Melanjutkan Perjalanan ke Danau Toba
5                  14.50 –17.15                       Tiba di Danau Toba dan bersantai menikmati danau
6                  17.40- 19.15        Perjalanan pulang ke Medan dan membeli oleh-oleh di pasar bengkel Perbaungan

7                   19.50- 21.15      Melanjutkan perjalanan pulang dan tiba di Man 2 Model Medan

2.3 Perjalanan
Perjalanan untuk mencapai tujuan melalui berbagai desa dan kabupaten, seperti kabupaten Simalungun dan sebagainya sehingga kami mengetahui secara langsung letak – letak walaupun tidak kelihatan secara jelas karena perjalanan sangat kencang dan tidak semua nama – nama tempat kami mengetahuinya, karena kami sebagian tertidur dalam perjalanan.

2.4 Tempat Lokasi
a. Kebun Teh Sidamanik
Setibanya dilokasi yaitu di Kebun teh Sidamanik tempatnya di Siantar pada sekitar pukul 12.15 dan kami pun menyiapkan perlengkapan alat tulis juga Handphone atau kamera lalu kami masuk ke kebun teh setelah itu kami menuju pabrik untuk mengamati nya . Akhirnya kami dapat melihat secara langsung kebun teh dan proses pembuatan nya yang ada di Siantar untuk pertama kalinya. Sungguh hebat hasil karya Bangsa Indonesia terutama Sumatera Utara.

b. Danau Toba
Salah satu tempat yang berkesan selain kebun teh adalah Danau Toba . Disana kami dapat melihat indah nya alam ini, sejuk nya udara disana , jernih air danau dan pengalaman yang tak terlupakan akan keistimewaan alam kita ini.

Kronologis Peristiwa
Sekolah MAN 2 MODEL lokasi Helvetia Medan merencanakan pergi study tour istilah keren nya, sekalian liburan naik-naikan kelas ke Kebun Teh Sidamanik yang lokasi nya tepat di Siantar. Dengan biaya Rp. 100.000,00 per orang , kami sudah sepakat menabung pada bendahara kelas masing-masing agar meringankan biaya pada hari H nanti. Setelah lama menanti akhirnya waktu itu datang juga.
 Pada tanggal 15 juni 2009 yang lalu kami berangkat ke tujuan. Hari itu adalah hari senin, hari sebelum nya yaitu hari minggu azizah pergi ke pantai Adil di Namorambe ramai-ramai bersama anak TK, mamak ziza ngajar Tk jadi ziza ikut acara perpisahan Tk . sungguh ramai yang ikut ke pantai , butuh waktu hampir dua jam untuk perjalanan kesana. Kami pergi naik angkot sudako, pusing selama dalam perjalanan.
Setelah lama di angkot sampai lah kami di pantai adil, karena hari sudah siang kami makan siang sebelum bermain air , ziza kurang semangat bermain air nya karena beberapa hari yang lalu ziza baru merayakan ulang tahun tepat nya tanggal 12 juni ziza di kerjain sama teman-teman dan keluarga , di siram tepung dan air jadi masuk angin gitu. Hanya sebentar saja bermain air ziza ganti baju dan melihat-lihat anak tk yang bermain air dengan riang nya.
Tak terasa hari telah sore, waktu menunjukkan pukul :15.00 wib . kami bergegas pulang, dalam perjalanan pulang karena kelelahan bermain air, penumpang angkot pada tidur begitu juga hal nya ziza, lagi enak-enak tidur tiba-tiba angkot berhenti kami pun terbangun, ziza melihat sekitar jalan ternyata masih sampai simalingkar b, angkot yang kami naiki mengalami ban bocor, aih sedih nya L
Kami di suruh mendorong angkot ini, padahal penumpang nya perempuan semua loh.. bagaimana lah tenaga perempuan, ya sudah kami dorong sebisa nya saja. Beberapa orangtua tk yang rumah nya tidak jauh lagi memutuskan untuk naik angkot lain dan pulang sendiri ke rumah nya, kami masih saja mendorong sampai ke bengkel yang buka, berhubung hari minggu bengkel banyak yang tutup. Wuiih , sungguh melelah kan dorong angkot ini.
Karena bengkel tak ada satu pun yang buka, sang supir menghubungi teman supir lanin nya untuk menjemput kami dan membawakan ban cadangan. Alhamdulillah , tidak lama kemudian angkot yang satu nya datang dan kami kembali melanjutkan perjalan pulang . setiba nya di rumah, ziza merasa lapar sangat dan kebenaran mamak mengajak undangan ke pesta yang tidak jauh dari rumah..wahh , dengan segera ziza bersiap untuk pergi undangan. Enak-enak makanan nya, kenyang ,.alhamdulillah ya J
Waktu berjalan begitu cepat, ziza belum menyiapkan bekal atau perlengkapan buat pergi besok nya ke kebun teh , sudah lama ziza minta beli kan baju baru sama kakak untuk pergi liburan ini, tapi belum jadi-jadi kakak membeli nya , yaahh tidak baju baru deh L karena kecapekan pulang dari pantai adil ziza tertidur setelah sholat magrib dan terbangun sudah larut malam, astaghfirullah.. belum ada susun barang kak.. kata kakak “sudah tidur saja, besok pagi di siapkan apa yang mau di bawa” . ngantuk berat membawa ziza kembali tidur dengan nyenyak.
Keesokan pagi nya ziza bangun kesiangan , nenek tidak membangun kan ziza pukul 05.00 wib. Ziza sudah lama tinggal bersama nenek, dengan terburu-buru ziza merapikan tempat tidur , ambil handuk dan mandi. Selesai mandi ziza melihat ada baju baru dan tas ransel baru di dalam kamar ziza, subhanallah.. ini baju baru buat ziza ?? ;o senang nya mendapat hadiah, segera ziza memakai baju itu dan menyiapkan barang yang akan di bawa.
Selesai menyiapkan perlengkapan, ziza pergi ke rumah mamak yang hanya berkelang dua rumah dari rumah nenek. Di rumah mamak, ziza melihat mamak sedang sibuk menyiapkan bekal untuk ziza bawa, maaf ya mak ziza membuat mamak sibuk pagi-pagi begini. Kakak memberi makanan ringan dan minuman botol untuk bekal tambahan di jalan, ehmm banyak sekali cemilan di perjalanan, assekh-assekh.. makasih ya kakak dan mamak ku sayang.
Semua bekal dan perlengkapan telah di siapkan, ayah memanggil ziza dari depan. “nakku, sudah siap ?? ayo kita berangkat” ayah yang selalu mengantar ziza ke sekolah sekalian ayah juga berangkat mengajar ke salah satu sekolah swasta di padang bulan. Ayah mengingatkan lagi : “uang kas semua sudah di bawa nakku” . karena ziza bendahara di kelas X-10 jadi seluruh uang ziza yang simpan. Sudah yah. Semua sudah di bawa yah, ayo yah berangkat ziza sudah terlambat yah, nanti ketinggalan bus nya yah ..dengan suara meringkih ziza berkata pada ayah. “tenang nakku, ziza tidak akan di tinggal percaya lah sama ayah“ ayah mencoba menenangkan hati ziza.
Sampai di sekolah bus CITRA telah berbaris rapi, ternyata ayah benar ziza belum terlambat. Ketika masuk ke kelas ziza di ejek in sama teman-teman, chiyee baju baru, tas baru yaa zah.. uppz jadi malu ;) . Pak Sapri belum datang juga, kami kelas X-10 di suruh naik bus dan bu khairani / guru fisika sibuk meminta uang transportasi, ziza jadi semakin bingung dan ketakutan, ziza merasa keteter karena teman-teman baru sibuk membayar nya hari senin, memang lah kalian ini merepotkan saja . teman yang lain sudah santai duduk di bangku masing-masing, sedangkan ziza masih sibuk menghitung uang transportasi.
Pak Sapri akhirnya datang juga, ziza catat kembali ke buku kas yang bayar-bayar tadi. Akhirnya kami berangkat pukul 08.30 WIB. Kami ke pancing dahulu karena sebagian anak X-10 ada yang di pancing. Wirda marah-marah saja karena kata bu khairani duduk nya berdasarkan absen kelas dan absen wirda ada di bus pancing. Berhubung repot tidak jadi di pindah-pindah lagi deh. Kami kelas X-10 kumpul di bus 3 walaupun tidak semua, kecuali Faisal tanjung, Miftahul jannah, Rizky destiana, Rudiansyah, Sandra dan Siti aisyah tidak satu bus dengan kami.
Kami pun melanjutkan perjalanan, ade duduk sama nisa, wirda duduk sama bukhori, tari duduk sama khoir, bibah duduk sama evi, putrid duduk sama wina, laila duduk sama winda, ziza duduk sama qori dan septia, aidil, baim, wali duduk nya di bangku panjang belakang. Yang lain sudah nyantai lihat pemandangan, sementara ziza masih sibuk menghitung uang, sabar-sabar J , sudah lumayan jauh perjalanan ziza merasa mual kerana ziza memang lagi kurang sehat, flue datang tadi malam dan demam nya mulai terasa sekarang.
Ziza sudah mau nangis tapi ziza tahan saja, ziza minta tukaran tempat duduk nya yang dekat jendela sama qori, tapi tidak di bolehin qori, ya sudah ziza berani kan bilang ke septia bahwa ziza ingin duduk dekat jendela di bangku belakang gabung bersama mereka yang di belakang, septia pun mengizinkan ziza duduk ke belakang, ziza hanya diam saja melihat kea rah luar jendela. Ziza duduk dekat jendela sebelah kanan dan di kiri ziza ada septia , aidil, wali, dan baim. Ziza merasa ngantuk dan numpang bersandar di bahu septia, tidak apa lah sama teman sendiri kok.
Wali dan yang lain nya nyindir-nyindir, seharusnya aidil yang di samping ziza lah septia. Ehehehe,, ooh, tidak bisa kata septia, ziza pura-pura tidak mendengar saja. Tidak terasa begitu tenang selama perjalanan,masuk lah kawasan siantar banyak terlihat pohon-pohon dan pemandangan indah kami hampir mendekati tujuan, sudah mulai terlihat jelas di kanan-kiri begitu banyak kebun teh , hijau terbentang luas di mana-mana, mata ini kagum melihat nya.
Alhamdulillah sampai lah kami di kebun teh Sidamanik siantar tepat pukul : 12.10 , subhanallah luar biasa ciptaan engkau ya allah. Kami turun dan membawa alat tulis juga handphone untuk berfoto-foto pastinya. Sebelum masuk ke pabrik teh, kami di bariskan terlebih dahulu, dan agar tertib petugas pabrik member arahan sedikit tentang etika selama di dalam pabrik teh. Selesai di beri arahan kami mulai memasuki pabrik, naik tangga dan ruangan yang aneh ini kali pertama ziza melihat pabrik teh secara langsung. Ada pintu-pintu khusus untuk proses masuk ke sana, jadi tidak sembarang orang masuk ke sana. Melewati pintu satu , inilah daun teh yang telah di kumpulkan oleh pekerja, daun teh ini masih panjang proses nya di pilih mana daun teh yang terbaik lalu masuk lah pada mesin penggiling , setelah daun teh di giling, kemudian daun teh ini masuk ke mesin pengahalusan, seperti bubuk dan bau nya hampir mirip inai yang di pakai pada kuku-kuku jari. Sungguh hebat mesin-mesin yang di gunakan dalam proses pembuatan teh terbaik, semua canggih sangat, setiap masuk ke ruangan tahap-tahap tadi di beri penjelasan dan fungsi masing-masimg mesin.
Ohh, ternyata begitu proses pembuatan teh , di ruangan terakhir adalah tempat pengujian teh ini bersih dan higienis atau tidak, guru kami di perbolehkan mencoba teh ini, dan rasanya nikmat begitu lezat, itu siih kata guru kami J . ziza senang sekali bisa melihat langsung proses pembuatan nya, walaupun sedikit lemah karena demam ,ziza juga tidak banyak memfoto selama di dalam pabrik, tapi tak mengapa lah.
Penelusuran ke pabrik teh menghabiskan waktu satu jam, kini waktu telah menunjukkan pukul 14.10. sebelum pergi meninggalkan kebun tegh kami berfoto-foto , ini salah satu foto kami, hanya beberapa teman akrab ziza yaitu : nisa yang memakai baju berwarna ungu, di belakang nya ada wirda dan di samping kiri ziza itulah qori.

Masih banyak foto lain nya, tapi itu saja yang ziza perlihatkan ya. Sedih rasa nya ingin meninggalkan kebun ini, namun itu sudah membuat ziza puas menelusuri kebun dan pabrik teh. Kami mau melanjutkan perjalanan ke Danau Toba yang tidak jauh dari kebun teh,
yeaahh.. horey kami teriak kegirangan. Di perjalanan menuju Danau Toba kami bernyanyi-nyanyi, tertawa dan saling ejek-ejekan becanda, sudah mulai terlihat danau dan lautan nya, semua pada sibuk merekam video dan memfoto-foto pemandangan yang sungguh dahsyat nya. Sepertinya teman-teman baru yang pertama kali ke Danau Toba .. ehehhehe,, kalau ziza sudah berulang kali , bukan nya angkuh ya ;) . Tidak terasa sampai danau toba , semua pada sibuk berfoto-foto . sebelum mandi kami makan siang bersama , saling berbagi setiap kelas di beri daging rending dan telur ayam rebus , karena tidak semua yang ikut dari kelas ziza jadi berlebih daging dan telur nya.
Kami yang cewek tidak banyak yang mandi hanya winda, laila, miftha, dan yang cowok nya ada wali, baim, tahir, rizal, faizal tanjung, dan pak sapri wali kelas kami tercinta juga ikutan mandi-mandi. Yang mandi kami foto-foto in, ya ampun seperti anak-anak saja pak sapri , walau pun tidak mandi ziza main air juga, tiba-tiba datang ombak besar basah lah celana dan baju ziza. Aduh bagaimana ini … ya sudah ziza main air saja, kami foto-foto juga seru sangat. Ini salah satu foto ketika di Danau Toba, baju merah muda Sandra, baju kuning qori, sebelah kiri qori ada wirda, sebelah kiri wirda ada nisa dan di tengah nya ada azizah.

Karena sudah basah terpaksa lah ziza harus ganti baju, ya allah ziza cuma bawa baju tidur ya mau tidak mau harus ganti dari pada nanti masuk angin. Ziza di tertawain sama teman-teman karena ziza pakai baju tidur, hehehehe,,, biarlah santai saja menghadapi nya, waktu telah menunjukkan pukul : 17.15 WIB kami pun bergegas pulang di bus ziza duduk dekat jendela dan sebelah kiri ada septia , aidil, wali, baim, juga khoir.
Kami mulai tertawa lagi dan bersenda gurau kompak sekali, sesekali septia pindah ke depan terus putri gantian pindah kebelakang di ejekin teman-teman :”awas berat sebelah ada putrid dibelakang” karena putrid nya gendut, jahat kalian ya kata putrid. Bercanda loh putri, ziza paling lasak duduk nya pindah ke depan, kebelakang lagi tidak bisa duduk diam. Putri kembali ke depan, ziza pun kembali duduk di belakang dekat jendela. Setelah lama perjalanan tiba-tiba ziza ingin buang air kecil, pak berhenti sejenak ya pak”ziza memohon pada pak sapri” .tahan dulu sebentar lagi kita berhenti di pasar bengkel sekalian beli oleh-oleh. Dengan menunggu beberapa menit sampai juga di pasar bengkel, ziza buru-bru turun dari bus dan pergi ke kamar mandi Alhamdulillah lega rasanya.
Ziza melihat ada seekor ular cobra besar di dalam kandang dan memang sengaja di pelihara, ihh takut nya meliahat ular seperti itu lebih baik ambil uang dan beli oleh-oleh lah. Ziza beli dodol rasa durian, vanilla dan pandan, juga beli kripik ubi rambat, rempeyek bayam dan tidak lupa membeli es krim. Selesai membeli oleh-oleh kami melanjutkan perjalanan pulang, dalam perjalanan pulang kami tidak banyak tertawa karena kelelahan sebagian dari kami tertidur, ziza juga tidur walau pun tidak tidur lelap karena bus goyang-goyang. Tiba-tiba nisa membangun kan ziza dan memberi handphone nya ternyata kakak ziza menghubungi nomor nisa berhubung handphone ziza lowbet, antara sadar dan tidak sadar ziza bicara sama kakak “ kak, ini sudah sampai marelan jemput di sekolah ya kak” bicara sama kakak dengan mata terpejam. Bus melaju dengan kencang kami pun sampai di sekolah tepat pukul 21.15 WIB, ziza pinjam handphone nisa untuk menghubungi kakak ternyata kakak dan mas sudah lama menunggu di depan sekolah, maaf ya kak menunggu lama.
Ziza berpamitan pulang pada guru dan teman-teman , di jalan menuju rumah ziza menceritakan bagaimana peristiwa hari ini dengan seksama dan dalam tempo tidak sesingkat-singkat nya. Ziza bahagia dan kakak maupun mas juga senang mendengar cerita ziza .sampai di rumah ziza keluarkan oleh-oleh yang ziza bawa, berhubung waktu telah larut malam oleh-oleh tidak di makan pada malam itu juga, tanpa banyak bicara lagi ziza sholat isya setelah itu tidur . sungguh pengalaman ini tidak akan terlupa selama hidup ziza, bahagia nya azizah J

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Kesimpulan dari perjalanan study wisata yang mengunjungi tempat – tempat terhebat dan terindah yang merupakan hasil budaya dari bangsa Indonesia dan  ciptaan allah adalah bahwa suatu tempat yang bersifat mendidik dan bersejerah  perlu dijaga kelestarian nya dan merupakan tanggung jawab kita bersama untuk menjaganya dengan berbagai hal – hal positif seperti mengunjungi, membanggakan tempat itu.

3.2 Saran
Saran dari saya, saya merasa senang atas diadakannya perjalanan ini. Tapi saya harapkan kepada semua nya untuk lebih meningkatkan kekeluargaan, kedisiplinan, dan keharmonisan kalau diadakannya perjalanan ini.Saya harap agar semua siswa bisa ikut dalam peerjalanan yang berikutnya.